Ayam Penyet Banyuwangi: Simple yet delicious Sambal Hijau

9:13 PM Unknown 1 Comments



Ayam Penyet Banyuwangi sudah mempunyai beberapa cabang di Malang Raya. Salah satunya yang saya coba kemarin di Jalan MT. Haryono (depan McD WatuGong). Berdekatan dengan salah satu Universitas ternama, menjadikan warung ini selalu ramai dikunjungi mahasiswa. Berawal dari rasa penasaran saya dan rekomendasi dari salah satu teman juga akhirnya saya coba ayam penyet banyuwangi ini. Saya memesan satu porsi ayam potong double + nasi dan satu porsi tahu goreng. 





Ayam Gorengnya digoreng garing, ukurannya memang tidak terlalu besar tapi saya lega karena ayamnya bukan digoreng pake tepung bumbu yang biasanya cuman tebel tepungnya doang. Satu porsi ayam double ternyata sudah termasuk 2 ayam goreng dan 2 tahu goreng lengkap dengan lalapan dan sambal hijaunya. 

Satu porsi tahu goreng isinya 5 biji tahu, dilengkapi dengan sambal hijau. Nah, sambal hijaunya ini menurut saya yang jadi andalan memang. Awalnya beranggapan "yah kok cuma dikit sambalnya" secara saya penggemar pedas. Tapi ternyata, dengan porsi sambal yang 'sedikit' bagi saya sudah cukup membuat saya kepedesan. Sambal hijaunya diuleg kasar jadi kadang masih ada tangkai cabenya, but worry not perpaduan cabe hijau dan racikan bumbu di dalamnya bakal bikin kamu lupa dunia (eeaaa..). Naksir beraatt pokoknya sama sambal hijaunya. Buat yang suka pedas, sambal hijaunya WAJIB COBA. Selain sambal hijau mereka juga menyediakan lalapan ayam goreng yang pakai sambal merah juga. Jadi yang gak suka sambal hijau, bisa juga memesan sambal merahnya.

Untuk urusan harga, jangan khawatir karena cocok dengan kantong mahasiswa. Seporsi Ayam potong + nasi putih cuma Rp 8.500 saja, sedangkan untuk satu porsi Ayam Potong Double + nasi Rp 13.500. Muraah banget kaann. Selain menu ayam goreng potong ada juga ayam goreng kampung, tumis kangkung, sambal terong, dan tempe penyet.

Jadi gimana, ngiler gak liat sambel hijaunya. Kalau buat saya ini sih "Warung Kaki Lima Rasa Bintang Lima". 


Ayam Penyet Banyuwangi
Jalan MT.Haryono (depan McDonalds Watu Gong)










1 comment: